Saat Sembelit, Lakukan Hal Ini



Saat Sembelit, Lakukan Hal Ini [ www.BlogApaAja.com ]

Anda perlu buang air besar (BAB) secarateratur agar limbah hasil pencernaan tidak diserap kembali ke dalam darah Anda.Anda dapat melakukan beberapa cara pencegahan untuk mengatasi kondisi buang airbesar yang macet atau sembelit.



Berikut 7 langkah yang dapat Andalakukan agar sistem pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit, sepertidilansir dari dari mindbodygreen

, yaitu:

1. Hentikan kebiasaan ngemil diantara jammakan



Jangan makan cemilan dahulu sebelummakanan yang Anda makan sebelumnya telah selesai dicerna. Jika jarak antarasarapan, ngemil dan makan siang terlalu sedikit, saluran pencernaan Anda akanmengalami penumpukan makanan dan akan menyebabkan sembelit.

2. Kurangi konsumsi makanan olahan



Makanan

olahan atau makanan kemasan memiliki umursimpan tertentu dan biasanya mengandung pengawet yang tidak baik untukkesehatan pencernaan.

3. Cegah dehidrasi



Salah satu alasan sembelit adalahkarena Anda mengalami dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, usus besaradalah organ yang pertama kali merasakan akibatnya. Usus besar yang sehatmemiliki persentase cairan yang sangat tinggi.

Tubuh Anda juga membutuhkan cairan dari ususbesar untuk mendukung organ-organ tubuh lainnya. Oleh karena itu Anda perlubanyak minum air hingga 8 gelas per hari.

4. Kurangi konsumsi makanan yang sifatnyakering



Makanan yang kering seperti kacang, keripik,dan biskuit dapat menghambat proses pencernaan dan menyebabkan sembelit. KetikaAnda mengonsumsinya, perbanyaklah minum air putih.

5. Rajin Berolahraga



Olahraga dapat meningkatkan aliran darah keusus dan meningkatkan motilitas gastrointestinal. Sehingga pencernaan lancar danterhindar dari sembelit.

6. Pijat perut



Berikan pijatan lembut pada perut ketikasedang bersantai atau dalam keadaan perut yang tidak penuh. Hal ini akanmembuat kondisi perut Anda rileks dan tenang sehingga mampu mencerna makanandengan baik.

7. Tarik napas panjang



Luangkan waktu untuk menarik napaspanjang, tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan.Saat bernapas, sistem saraf Anda akan tenang dan mampu memperlancar prosespencernaan.


Follow On Twitter