Dari Buruh Pabrik Kini Jadi Wanita Terkaya Di Dunia



Pernah dengar nama Zhang Xin? Ia adalah wanitasukses yang sempat dimuat majalah Forbes sebagai satu dari 10 perempuanmiliarder dunia dengan kekayaan yang diperoleh dari hasil keringat sendiri,bukah warisan atau hibah. Kabarnya, kekayaan Zhang Xin mencapai US$2 miliaratau sekitar Rp18 triliun.

Siapa Zhang Xin dan bagaimana ia menjadisukses seperti sekarang?



Dari Buruh Pabrik Kini Jadi Wanita Terkaya Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Zhang Xin saat kecil hidup bersama orangtuanya yang sangat sederhana. Tinggal di lantai lima rumah susun di Beijing.Sudah biasa makan nasi ransum dengan mangkuk besi bersama anak-anak pekerjakeras China yang lain.

Saat remaja, ia sempat menjadi buruh pabrik diHong Kong. Bekerja 12 jam dengan shift. Saat kerja inilah, sedikit demisedikit, Zhang bisa mengumpulkan uang. Akhirnya saat mencapai usia 20, ia nekadhijrah ke Inggris. Kebetulan mendapat beasiswa di Sussex. Dari sini, Zhangmelanjutkan kuliah di Cambridge ntuk menyelesaikan gelar master. Pada usia 27tahun, Zhang berhasil menyelesaikan studi S2 di bidang Development Economicsdari Cambridge University.

Akhirnya Zhang mendapatkan pekerjaan di perusahaan internasional Goldman Sachs andTravelers Group, membangun karirnya dalam investment banking. Dari sinilahkisah kesuksesan Zhang pelan-pelan mulai diraih. Ia bermain di bisnis properti.

Pada 1994 ia kembali ke China, tergoda sepertiekspatriat lainnya yang terpikat oleh tawaran zona ekonomi khusus dan reformasiekonomi. Seorang teman menyarankan Zhang memulai bisnis properti. Pan Shiyinamanya. Dia yang datang dari keluarga lebih miskin dari Zhang, memandang masadepan bisnis properti sangat bagus.

Empat hari kemudian, Pan mengusulkan semua idekepada perempuan itu. Lalu mereka mendirikan SOHO. Bersama Pan yang kemudianmenjadi suaminya, Zhang memulai bisnisnya pada 2007. Perusahaan ini sempatkolaps dengan utang US$1,65 miliar, namun kemudian sedikit demi sedikitutangnya bisa direstrukturisasi.

Dari Buruh Pabrik Kini Jadi Wanita Terkaya Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Di bawah bendera SOHO, Zhang berhasilmembangun kerajaan bisnis properti bersama suaminya. Dia berhasil mengubahcakrawala dari rumah beton kotor yang ia tinggali hingga 1970, menjadi gedungyang indah dan futuristik. "Pembangunan ini bertahap dan begitu lama," kata diakepada The Sunday Telegraph.

"Saya teringat ketika kami sedang berjuangmembayar gaji dan tagihan. Bagaimana pun perusahaan harus terus bergerakmeskipun dengan utang. Dengan kontrol biaya yang ketat, kami pun secarabertahap bisa mendapat keuntungan."

Bagaimana Bisa Tetap Sukses?



Kerja keras dan cerdas jadi faktor meraihsukses, seperti dituturkan dari kisah Zhang di atas. Namun, ada lagi yang penting. Yakni:

1. Pengusaha yang baik berarti tetap memenuhijanji terhadap klien atau rekan bisnis, tanpa berniat berdusta untuk keuntunganpribadi.

2.Selain itu, ia juga berusaha tetap hidup sederhana tanpa perlu menjadiglamour yang menghamburk-hamburkan harta.

Meski telah sukses, dia tidak mau memamerkankekayaannya. Penampilannya sangat sederhana. Bila menggunakan make up, tidakbegitu kentara. Begitu juga dengan perhiasan, juga tidak berlebih.pakaiansederhana, kegiatan akhir minggu untuk keluarga dan masih bepergian denganpenerbangan kelas bisnis.

Dari Buruh Pabrik Kini Jadi Wanita Terkaya Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Ditanya mobil apa yang dia pakai, diaragu-ragu. Namun akhirnya menjawab. "Oh, itu Lexus. Saya tidak tahu modelnya."Bahkan dengan triliunan rupiah kekayaan yang ia punya, Zhang tetapmempertahankan sikap hemat. Bila menggunakan pesawat, dia akan menolakmenggunakan kelas satu. Padahal bagi dia, sangat mudah terbang ke mana pundengan tiket paling mahal sekali pun.

"Ini bukan soal keterjangkauan, ini tentanghati nurani. Kelas bisnis ini sudah cukup nyaman," tutup Zhang.

Follow On Twitter