Kenali Penyakit Kulit Dari Warna Mata Kamu



Kenali Penyakit Kulit Dari Warna Mata Kamu [ www.BlogApaAja.com ]

Ada banyak cara untuk mendeteksi penyakit,salah satunya melalui warna mata. Menurut penelitian terbaru, kecenderunganmengidap penyakit kulit bisa diketahui lewat warna mata seseorang.



Seperti yang dikutipdari WebMD, hasil daripenelitian tersebut mengungkapkan bahwa orang dengan mata berwarna birucenderung lebih sedikit mengalami ganguan vitiligo --penyakit kulit yangmenimbulkan bercak putih pada kulit dan rambut. Sedangkan, mereka yang memilikimata coklat lebih mungkin terkena penyakit kulit yang sama.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwanmenjelaskan bahwa warna mata juga memiliki pengaruh terhadap risiko penyakitkulit melanoma. Dikutip dari detikhealth, melanoma merupakan salah satu jeniskanker kulit yang berbahaya. Melanoma tidak hanya mempengaruhi kulit, lebihdari itu dapat menyebar ke organ lain dan juga tulang.

"Secara genetik, dalam beberapa halvitiligo dan melanoma adalah kutub yang berlawanan. Beberapa variasi genetikmembuat seseorang berisiko terkena vitiligo dan orang lain cenderung tidakmudah terkena melanoma, begitu juga sebaliknya," ujar peneliti RichardSpritz, MD, Human Medical Genetics and Genomics Program di University ofColorado School of Medicine.

Vitiligo adalah penyakit otoimun, dimanasistem kekebalan tubuh seseorang menyerang sel-sel pigmen sehingga menyebabkanbercak-bercak putih. Penyebab pasti dari vitiligo belum diketahui secara pasti.Orang-orang dengan vitiligo memiliki risiko lebih tinggi mengidap berbagaipenyakit autoimun lainnya, seperti penyakit tiroid, diabetes tipe 1, reumatoidartritis dan lupus.

Peneltian ini dipublikasikan dalam jurnalNature Genetics. Dalam penelitiannya, para ilmuwan mengamati gen yang terkaitdengan vitiligo pada 450 orang dengan penyakit kulit. Lalu penelitimembandingkannya dengan 3.200 orang Amerika Non-Hispanik keturunan Eropa.

Hasilnya, ilmuwan mengidentifikasi adanya 13gen baru yang dapat mempengaruhi orang untuk mengidap vitiligo. Hasil lainnya,orang bermata biru atau abu-abu memiliki presentasi lebih rendah terhadapvitiligo. Sedangkan mereka yang bermata coklat berisiko terkena vitiligo.

: wolipop


Follow On Twitter